Translate

Rabu, 23 Oktober 2013

Kenali Gaya Belajar Mu

Okey sekarang di kampus saya lagi musim-musimnya UTS banget nih dan bentar lagi akan disusul Ujian Semester, tapi bukan di kampus saya aja sih dikampus lain juga, adek saya yang di SD dan SMP juga UTS tuh *ngotot hehe J. And this time, disela-sela waktu belajar saya luangkan waktu untuk menulis sebuah tulisan yang sederhana ini. Nah karna skarang ini lagi pada musim ujian, saya mau posting tulisan tentang "Kenali Gaya Belajar Mu", supaya temen-temen bisa mengetahui seperti apa gaya belajar kita masing-masing karena menurut saya ini suatu hal yang penting "kenapa penting?" karna jika kita tau gimana cara belajar kita, maka kita akan lebih mudah untuk memahami pelajaran tersebut.

Sekarang langsung aja saya akan uraikan tentang Gaya Belajar dan strategi belajar yang cocok untuk diterapkan untuk masing-masing tipe Gaya Belajar tersebut

1.       TIPE VISUAL
Tipe visual adalah tipe orang yang cendrung menerima informasi paling banyak dan paling efektif menggunakan indera penglihatan (visual).
Strategi belajar yang cocok untuk tipe visual:
·         Gunakanlah variasi warna dalam melakukan pencatatan, seperti memberi garis bawah atau membuat grafik.
·         Mayoritas, tipe visual suka membaca. Namun, buku bacaan yang banyak memiliki gambar ilustrasi dan warna yang menarik lebih mudah dipahami dari pada buku bacaan yang penuh dengan teks.
·         Perhatikan penerangan saat belajar dan hindari "polusi visual".
·         Saat mengingat sesuatu, bayangkan dan buat tulisan yang memudahkan.
·         Catat kembali bahan pelajaran dengan warna dan gambar yang menarik.

2.       TIPE AUDITORY
Tipe auditory adalah tipe orang yang cenderung menerima informasi paling banyak dan paling efektif menggunakan indra pendengar (Audio).
Strategi belajar yang cocok untuk tipe audiotory:
·         Gunakanlah voice recorder atau perekam suara saat mendengarkan pelajaran.
·         Perbanyak melakukan presentasi dan tanya jawab.
·         Lagukan apa yang diingat dengan irama dan hindari “polusi suara” (kebisingan).
·         Berfikir dan mengingat sambil mengucapkan kembali.
·         Dengarkan kembali pelajaran melalui rekaman atau penjelasan orang lain.

3.       TIPE KINESTETIK
Tipe kinestetik adalah tipe orang yang cenderung menerima informasi paling banyak dan paling efektif dengan melibatkan gerakan tubuh, peragaan, dan aktivitas visik.
Strategi belajar yang cocok untuk tipe kinestetik:
·         Gunakanlah gerakan dalam pelajaran seperti aktivitas atau uji coba secara langsung.
·         Perbanyak praktik yang berkait dengan pelajaran (praktik dilaboratorium) dan langsung bisa diaplikasikan.
·         Hindari belajar yang monoton (terlalu banyak duduk).
·         Saat mengingat sesuatu, lakukan hal yang diingat dengan aktivitas gerak.
·         Menulis diudara, gunakan gerak imajitif.

Itulah tipe-tipe gaya belajar yang bisa saya posting pada saat ini, sekarang kamu bisa mengetahui bagaimana tipe gaya belajar kamu masing-masing kan. Saya bisa menulis tulisan ini tidak terlepas dari sebuah buku berjudul “Who Am I ?” yang saya baca beberapa bulan lalu buku yang sangat bagus dan bermanfaat banget buat kita baca. Sekian tulisan saya pada saat ini, semoga bermanfaat untuk teman-teman yang membaca J THANKS.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar